PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK


Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perilaku konsumen terhadap suatu produk, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen itu sendiri? Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :
1.      Faktor Ekstern
Faktor yang berasal dari luar, meliputi ;
a)     Faktor social
b)     Faktor kultural
2.      Faktor Internal
Faktor yang berasal dari luar, meliputi ;
a)     Economic Situation
b)     Lifestyle
c)      Personality and Self Concept
d)     Age and Life Cycle Stage
e)     Occupation
3.      Faktor Psikologi
a)     Motivation
b)     Perception
c)      Learning
d)     Beliefs and Attitude

Berdasarkan dari data hasil pengamatan perilaku konsumen terhadap suatu produk “Teh  Botol SOSRO”, bahwasannya produk teh botol sosro memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan produk teh dalam kemasan baik dari segi factor psikologis (selera, motivasi konsumen menyukai dan memiliki produk ini disbanding produk lain), factor intern (seperti pendapatan, pekerjaan, yang mempengaruhi pembelian terhadap produk teh botol sosro selain selera) dan factor eksternal (budaya memulai produk dalam negeri atau produk lluar negeri, lingkungan sekitar, factor ikut-ikutan). Dari 90% responden menyukai teh botol sosro karena keunggulan produknya. 

Secara rinci dapat dilihat dari segi :

-          Faktor kehigienisan proses
-          Factor komposisi, misalkan dalam tingkat kemanisannya
-          Faktor kesegaran dan kehigienisan bahan baku
-          Factor kepemilikan berdasarkan Negara
-          Faktor merk (brand)
-          Faktor ke ekonomisan harga

0 komentar:



Posting Komentar