Sebelum
kita membahas lebih lanjut mengenai perilaku konsumen terhadap suatu produk,
alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perilaku
konsumen itu sendiri? Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk
dan jasa
demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen :
1. Faktor Ekstern
Faktor yang
berasal dari luar, meliputi ;
a) Faktor social
b) Faktor
kultural
2. Faktor Internal
Faktor yang
berasal dari luar, meliputi ;
a) Economic Situation
b) Lifestyle
c) Personality and
Self Concept
d) Age and Life
Cycle Stage
e) Occupation
3. Faktor
Psikologi
a) Motivation
b) Perception
c) Learning
d) Beliefs and
Attitude
Berdasarkan
dari data hasil pengamatan perilaku konsumen terhadap suatu produk “Teh Botol SOSRO”, bahwasannya produk teh botol
sosro memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan produk teh dalam kemasan baik
dari segi factor psikologis (selera, motivasi konsumen menyukai dan memiliki
produk ini disbanding produk lain), factor intern (seperti pendapatan,
pekerjaan, yang mempengaruhi pembelian terhadap produk teh botol sosro selain
selera) dan factor eksternal (budaya memulai produk dalam negeri atau produk
lluar negeri, lingkungan sekitar, factor ikut-ikutan). Dari 90% responden
menyukai teh botol sosro karena keunggulan produknya.
Secara rinci dapat
dilihat dari segi :
-
Faktor kehigienisan proses
-
Factor komposisi, misalkan dalam tingkat kemanisannya
-
Faktor kesegaran dan kehigienisan bahan baku
-
Factor kepemilikan berdasarkan Negara
-
Faktor merk (brand)
-
Faktor ke ekonomisan harga
0 komentar:
Posting Komentar