Seperti yang kita
ketahui bahwa dalam suatu organisasi selalu berkaitan dengan peranan penting
komunikasi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peranan komunikasi dalam
organisasi, kali ini saya akan memaparkan apa pengertian dari organisasi dan
komunikasi dalam kehidupan.
Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin
organizare, yang secara harfiah berarti paduan dari bagian-bagian yang satu
sama lainnya saling bergantung. Pengertian organisasi adalah
sebuah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama,
terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Adapun pengertian organisasi
menurut para ahli :
1. Menurut Stoner, pengertian oraganisasi adalah
suatu pola hubungan tertentu antara orang-orang dibawah pengarahan atasan
(pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
2. James
D. Mooney
berpendapat, pengertian organisasi adalah suatu sistem aktifitas orang-orang
yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerjasama.
3. Menurut Chester
I. Bernard organisasi adalah aktifitas kerjasama yang dilakukan oleh sedikitnya
dua orang atau lebih.
4. Sedangkan
Stephen P. Robbins menyatakan sebuah
organisasi merupakan suatu kesatuan sosial yang secara sadar dikoordinasi
dengan suatu batasan yang telah ditentukan yang bekerjasama secara terus
menerus untuk mencapai satu atau sekelompok tujuan bersama.
Sedangkan istilah komunikasi (communication)
berasal dari Bahasa Latin communicates yang berarti “berbagai” atau “menjadi
milik bersama”. Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting.
Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau kepada
orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat, sehingga
manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun
mereka berada.
HUBUNGAN
ILMU KOMUNIKASI DENGAN ORGANISASI
Kolerasi antara ilmu komunikasi dengan
organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus kepada manusia-manusia
yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi itu. Ilmu komunikasi
mempertanyakan bentuk komunikasi apa yang berlangsung dalam organisasi, metode
dan teknik apa yang dipergunakan, media apa yang dipakai, bagaimana prosesnya, faktor-faktor
apa yang menjadi penghambat.
KOMUNIKASI
ORGANISASI
Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan
penerimaaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal
dari suatu organisasi. Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh
organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Tujuan
komunikasi dalam organisasi adalah untuk membentuk saling pengertian (mutual
understanding) sehingga terjadi kesetaraan kerangka referensi (frame of
references) dan kesamaan pengalaman (field of experience) diantara anggota organisasi.
Komunikasi harus dilihat dari berbagai sisi yaitu ;
a. Pertama,
komunikasi antara atasan dan bawahan,
b. Kedua,
antara karyawan yang satu dengan yang lain,
c. Ketiga,
antara karyawan kepada atasan.
Hubungan komunikasi antara atasan dan bawahan
juga tidak bisa dilepaskan dari budaya paternalistic yaitu atasan jarang sekali
atau tidak pernah memberikan kepada bawahannya untuk bertindak sendiri, untuk
mengambil inisiatif dan mengambil keputusan.
Komunikasi organisasi merupakan suatu proses
dinamika yang berfungsi sebagai alat utama bagi sukses atau tidaknya organisasi
dalam hubungan dengan lingkungan tugas.
FUNGSI
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Adapun
fungsi komunikasi dalam organisasi itu sendiri, diantaranya ;
a) Fungsi informative
Organisasi dipandang sebagai suatu sistem informasi.
b) Fungsi regulative
Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam
suatu organisasi.
c) Fungsi persuasive
Pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan, sehingga
akan menghasilakan kepedulian yang lebih besar dibandingkan jika pimpinan
sering melibatkan kekuasaan dan kewenangannya.
d) Fungsi integrative
Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang
memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar