Manajemen Data Telematika



“ Prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika disebut dengan istilah manajemen data telematika”.
Manajemen  data telematika sisi Client & Server
Manajemen adalah proses  dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya. Manajemen data sisi client adalah pemprosesan dan pengolahan data terjadi pada sisi klien, dalam hal ini contohnya user, kemudian data tersebut dapat dikirimkan ke server, atau disinkronisasikan ke server. Sedangkan Manajemen data sisi server adalah pemprosesan dan pengolahan terjadi pada sisi server, baik data itu dikirim dari klien, maupun mengolah data yang telah ada di server itu sendiri. Client – Server dapat didefinisikan sebagai pembagian kerja antara client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
Berikutnya akan disebutkan manfaat manajemen telematika yang baik, yaitu :

  • Mengatasi kerangka (redundancy) data.

  • Menghindari terjadinya inkonsistensi data.
  • Mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
  • Menyusun format yang standar dari sebuah data.
  • Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user).
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data (data security).
  • Menyusun integritas dan independensi data.

Dilihat dari sisi masyarakat telematika  bermanfaat dalam :

·         Dunia pendidikan,  
·         Asosiasi,  
·         Para pengamat,
·         Industri itu sendiri.

Sehubungan dengan aktivitas dalam pendidikan ataupun dunia kerja, pasti selalu berkaitan dengan istilah data penting. Karena hal tersebut, maka perlu dilakukan manajemen pada sebuah data terkait adanya isu-isu mengenai keamanan pada informasi, selain itu diperlukan evaluasi pada sebuah data agar data tersebut lebih tersetruktur dan aman dari pihak-pihak yang tidak berwenang.

Sumber :



0 komentar:



Posting Komentar