“ Prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh
perusahaan dengan bantuan telematika disebut dengan istilah manajemen data
telematika”.
Manajemen data telematika sisi Client & Server
Manajemen
adalah proses dalam rangka mencapai
tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi
lainnya. Manajemen data sisi client adalah
pemprosesan dan pengolahan data terjadi pada sisi klien, dalam hal ini
contohnya user, kemudian data tersebut dapat dikirimkan ke server, atau
disinkronisasikan ke server. Sedangkan Manajemen data sisi server adalah
pemprosesan dan pengolahan terjadi pada sisi server, baik data itu dikirim dari
klien, maupun mengolah data yang telah ada di server itu sendiri. Client –
Server dapat didefinisikan sebagai pembagian kerja antara client-server adalah
desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi
ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
Berikutnya
akan disebutkan manfaat manajemen telematika yang baik, yaitu :
- Mengatasi kerangka (redundancy) data.
- Menghindari terjadinya inkonsistensi data.
- Mengatasi kesulitan dalam mengakses data.
- Menyusun format yang standar dari sebuah data.
- Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user).
- Melakukan perlindungan dan pengamanan data (data security).
- Menyusun integritas dan independensi data.
Dilihat
dari sisi masyarakat telematika bermanfaat dalam :
· Dunia pendidikan,
· Asosiasi,
· Para pengamat,
· Industri itu sendiri.
Sehubungan
dengan aktivitas dalam pendidikan ataupun dunia kerja, pasti selalu berkaitan
dengan istilah data penting. Karena hal tersebut, maka perlu dilakukan
manajemen pada sebuah data terkait adanya isu-isu mengenai keamanan pada
informasi, selain itu diperlukan evaluasi pada sebuah data agar data tersebut
lebih tersetruktur dan aman dari pihak-pihak yang tidak berwenang.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar